Diet 3 Hari

Apa itu “Diet 3 Hari” ?

Ada banyak “Diet 3 Hari” yang beredar di masyarakat maupun di internet. Mereka menjanjikan penurunan berat badan 4,5 kg hanya dalam 3 hari bila mengikuti aturan program “Diet 3 Hari” ini.

Darimana Asalnya “Diet 3 Hari” ini ?

Asal-usul program diet ini belum jelas. Diperkirakan diet ini muncul tahun 1980 dan diciptakan oleh salah satu lembaga gizi,meskipun sampai saat ini tak ada satu pun lembaga gizi yang mengklaim program diet ini sebagai ”produk” mereka. Program “Diet 3 Hari” ini punya banyak sebutan ; Diet Angkatan Darat, Diet Angkatan Laut, Diet Cleveland, dan sebagainya. Banyak lembaga gizi yang namanya digunakan untuk menamai sebuah program diet,salah satunya British Heart Foundation atau Klinik Cleveland. Namun mereka menegaskan,meskipun program diet tersebut punya nama yang mirip dengan nama lembaga mereka itu tidak menjamin bahwa lembaga inilah yang merekomendasikan program diet tersebut. 

Deskripsi

Ada banyak versi “Diet 3 Hari” yang beredar di Internet. Umumnya menyebutkan untuk makan banyak Tuna dan Sayur di siang hari dan makan Es Krim di malam hari,selama 3 hari. Bahkan salah satu situs menyatakan,hari pertama dari “Diet 3 Hari” hanya boleh minum air putih saja, hari kedua makan buah-buahan dan jus buah dan hari ketiga makan sayur dan jus sayuran. Semuanya menjanjikan penurunan berat badan yang signifikan hanya dalam 3 hari.

Diet 3 Hari yang paling populer adalah diet dengan menginstruksikan makanan yang dikonsumsi saat sarapan, makan siang dan makan malam. Kombinasi makanan yang diinstruksikan pun beragam. Berikut salah satu contohnya :

Hari 1
Sarapan: teh hitam atau kopi, 1 / 2 buah jeruk, 1 potong roti bakar dengan 1 sendok makan selai kacang. Beberapa versi menentukan 1 / 3 dari jeruk, berapa banyak pemanis buatan yang akan ditambahkan ke kopi, beberapa memungkinkan jus jeruk dapat disubstitusi untuk jeruk tersebut.

Makan siang: 1 / 2 cup tuna, 1 potong roti kering, kopi hitam atau teh. Beberapa versi menyebutkan untuk makan tuna dalam kuah, beberapa menyebutkan untuk pemanis buatan dengan kopi atau teh.

Makan malam: 3 ons daging, kacang 1 cangkir hijau, 1 cangkir wortel, 1 apel, 1 cangkir es krim vanili. Beberapa versi menetapkan es krim rendah lemak, lainnya tidak. Beberapa versi menyebutkan untuk 1 cangkir bit bukannya wortel.

Hari 2
Sarapan: 1 butir telur, 1 potong roti kering, 1 / 2 pisang, kopi hitam atau teh. Beberapa versi memerlukan pemanis buatan dalam kopi atau teh. Hal ini biasanya tidak ditentukan bagaimana pelaku diet harus mempersiapkan telur.

Makan siang: 1 cangkir keju cottage dan enam kerupuk. Beberapa versi memungkinkan diet untuk memilih antara 1 cangkir keju cottage dan 1 cangkir ikan tuna. Beberapa memerlukan enam cracker, beberapa memungkinkan delapan.

Makan malam: dua hotdog, 1 cangkir brokoli, 1 / 2 cup wortel, 1 / 2 pisang, 1 / 2 cangkir es krim. Beberapa menyebutkan untuk 1 cangkir kubis bukannya 1 cangkir brokoli. Beberapa versi membutuhkan es krim rendah lemak.

Hari 3
Sarapan: satu apel, 1 ons keju cheddar, lima biskuit merek asin, teh hitam atau kopi. Beberapa versi membolehkan atau membutuhkan pemanis buatan.

Makan siang: satu telur rebus, satu potong roti kering. Beberapa versi memungkinkan kopi hitam atau teh (dengan atau tanpa pemanis buatan) dengan makanan ini, yang lainnya tidak.

Makan malam: 1 cangkir Tuna, 1 cangkir wortel, 1 cangkir kembang kol, 1 cangkir melon, dan 1 / 2 cangkir es krim vanili. Beberapa versi panggilan untuk 1 / 2 a melon, bukan 1 cangkir melon. Beberapa versi membutuhkan es krim rendah lemak.

Ada versi lain dari pola makan tiga hari di atas, dengan beberapa menentukan alternatif bahkan lebih untuk pelaku diet, termasuk jeruk, bukan jeruk, substitusi sayuran keju cottage bukan tuna, dan sebagainya. Kebanyakan versi memberitahu diet untuk menggunakan jeruk nipis, garam dan merica, mustard, cuka, jamu, kecap, saus tomat, saus Worcestershire, dan bumbu lain untuk menambah rasa pada makanan selama diet, tapi tidak ada yang mengandung lemak, seperti mentega. Kebanyakan versi diet sangat spesifik dalam mengatakan bahwa diet harus mengikuti aturan tepat untuk melihat penurunan berat badan yang dijanjikan.

Diet ini menyatakan mampu menurunkan berat badan hingga 10 kg bila diikuti sama persis dengan aturannya. Bahkan ada yang lebih spesifik lagi menyebutkan aturan apa saja yang perlu dilakukan selama diet ini agar berhasil. Kunci keberhasilan diet ini dalam menurunkan berat badan adalah melalui kombinasi makanannya yang disinyalir mampu membangkitkan beberapa reaksi metabolisme tubuh untuk membakar beberapa pon lemak. Namun,sampai sekarang tidak dijelaskan jenis reaksi metabolisme apa yang terjadi selama menjalani program diet ini.

Diet ini ditujukan untuk mencapai target berat badan yang ingin dicapai pelaku diet dalam waktu singkat,dan tidak dimaksudkan untuk mengubah pola makan pelaku diet dalam jangka panjang. Dalam program “Diet 3 Hari” tidak dijelaskan kombinasi latihan olahraga yang harus dilakukan. Padahal seharusnya berat badan berasal dari peningkatan metabolisme dan penurunan asupan kalori ke dalam tubuh.

Diperkirakan berat badan yang turun bukan berasal dari penurunan lemak namun karna hilangnya bobot air dalam tubuh. Mungkin kita akan mendapat keuntungan psikologis bila berhasil menurunkan berhasil menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Namun,akan muncul masalah bila ternyata berat badan tersebut kembali dalam waktu singkat ketika kita selesai melakukan diet. Maka sebaiknya kita mengkonsultasikan terlebih dahulu kebutuhan lemak,karbohidrat dan protein atau asupan kalori kita dalam makanan sehari-hari kepada ahli gizi sebelum melakukan diet.

Diet ini hanya menyajikan 700-1000 kalori per hari. Artinya asupan kalori dalam tubuh sangat rendah(kebutuhan normal 2000 kalori). Ada beberapa resiko bila menjalani diet sangat rendah kalori,antara lain bisa terkena batu empedu atau penyakit kardiovaskuler lainnya. Diet sangat rendah kalori umumnya ditujukan kepada para penderita obesitas yang mengalami penyakit serius,dan diet ini hanya boleh dijalani dalam pengawasan ketat dokter. Selain itu,menjalani diet semacam ini menyebabkan tubuh kekurangan vitamin dan mineral.

Efektivitas dari diet ini belum teruji secara ilmiah. Para ahli menyatakan diet ini tidak sehat. Meskipun mampu menurunkan berat badan secara drastis,namun berat airlah yang hilang dan hanya sedikit lemak yang terlepas dari tubuh. Oleh karna itu,dieter yang menjalani diet ini mungkin akan kembali ke berat badan semula setelah selesai menjalani diet ini.

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s